Tips Mudik Naik Pesawat

Mudik naik pesawat memang lebih cepat sampai. Tapi, buat yang pertama kali mudik naik pesawat rasanya perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak mengalami jet lag sehingga tetap merasa nyaman selama perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.
Tips Naik Pesawat
Tips Mudik Naik Pesawat

Berikut beberapa Tips Mudik Naik Pesawat :
  1. Tiba dua jam sebelum berangkat

    Untuk soal mudik jangan sampai kejadian kamu ketinggalan pesawat. Soalnya kalau kamu ketinggalan pesawat sudah pasti kamu akan sulit mendapatkan tiket pesawat lain pada hari yang sama. Jadi, usahakan untuk tiba minimal 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Ukur jarak rumah dengan bandara. Hitung juga perkiraan kemacetan yang mungkin saja bisa terjadi. Jangan ambil risiko. Kalau perlu kamu bisa menginap di hotel murah dekat bandara ini.

  2. Pastikan tidak salah terminal

    Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi pastikan tidak salah terminal. Apalagi jaraknya lumayan berjauhan meskipun tersedia shuttle gratis antar terminal di bandara. Itupun kadang-kadang busnya tidak cepat datang dan bisa jadi akan sangat ramai saat volume penumpang meningkat saat mudik lebaran.

  3. Gunakan transportasi umum

    Percaya deh, menggunakan transportasi umum itu lebih menguntungkan. Pertama, kamu tak perlu cari-cari terminal karena itu sudah jadi tugas supir bus, taksi online atau angkutan umum yang kamu tumpangi. Kedua, ini juga membantu mengurangi volume kendaraan yang mau masuk ke terminal sehingga mengurangi kemacetan. Cek juga jadwal bus bandara yang berangkat hampir setiap jam dari beberapa tempat dan terminal.

  4. Jangan simpan barang berharga di bagasi pesawat

    Sangat penting untuk memisahkan barang berharga dengan pakaian biasa. Bawa barang berharga dalam satu tas yang dibawa ke kabin. Berat koper atau tas ke kabin tidak boleh lebih dari 7 kg dengan ukuran 40x30x15cm. Selain koper kamu boleh membawa tas yang bisa dijinjing ke dalam kabin pesawat.
    Tips mudik naik pesawat yang ini tak kalah penting Jangan sampai kamu kehilangan barang berharga apalagi koper kamu salah tujuan. Pastikan label penerbangan sebelumnya kamu copot terlebih dahulu. Menggunakan koper dengan warna berbeda juga memudahkan kamu lho untuk mencarinya saat berada di conveyor bagasi.
  5. Pisahkan boarding pass dan KTP di tas terpisah

    Tips naik pesawat yang satu ini paling penting. Siapkan kartu tanda pengenal seperti KTP atau SIM saat masuk ke terminal. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tiket. Kalau pesan tiket pesawat di http://www.jadipergi.com/pesawat/ kamu tinggal menunjukkan e-ticket dari Smartphone kamu tanpa harus ribet cetak dan ngeprint tiket lagi. Apalagi ada banyak diskon besar di Aplikasi Reservasi tiket pesawat di Android atau iOS.

  6. Manfaatkan check in secara online

    Check in online bisa kamu manfaatkan 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Lebih mudah, simple dan tidak perlu antre lagi untuk check in di konter. Nah, siapkan saja nomor booking tiket kamu agar bisa melakukan web check in atau phone check in. Untuk beberapa maskapai tertentu seperti garuda bisa check in melalui sambungan telepon.

  7. Pilih maskapai penerbangan terbaik

    Pilih maskapai penerbangan terbaik agar perjalanan mudik kamu bisa berjalan lancar. Jika maskapai mengalami keterlambatan kamu bisa meminta kompensasi sesuai dengan durasi keterlambatan pesawat. Banyak berdoa saja semoga pesawatnya tidak terlambat dan bisa tiba di tujuan dengan selamat.

  8. Pesan tiket pesawat jauh hari

    Last minutes booking kadang memang bisa jadi hoki. Tapi, tidak semua orang bisa hoki pada saat terakhir kesempatan membeli tiket pesawat untuk mudik. Jadi, sebaiknya pesan tiket pesawat mudik kamu jauh-jauh hari agar bisa lebih tenang dan bisa mendapatkan hargat tiket pesawat yang lebih murah.

    Kamu juga bisa menyiasatinya dengan memesan one way dua kali. Tips mudik naik pesawat ini paten banget deh buat dapetin harga tiket pesawat lebih murah. Cobain deh!

  9. Pilih kursi terbaik di pesawat

    Jika kamu mengunakan maskapai penerbangan murah, hindari kursi tengah. Lebih baik kamu memilih kursi dekat jendela atau kursi dekat lorong sehingga kamu bisa mudah keluar masuk, terlebih jika kamu suka ke kamar kecil alangkah bijak jika kamu memilih kursi dekat lorong. Hindari memilih kursi dekat bulk head atau dekat pintu darurat.

  10. Banyak minum air putih saat sahur

    Sebetulnya ada keringan untuk orang yang sedang melakukan perjalanan mudik untuk tidak berpuasa. Tapi, rasanya rugi banget kalau harus berbuka jika penerbangan kamu kuran dari enam jam saja. Jadi, baiknya hindari kopi ataupun teh pada saat sahur. Perbanyak minum air putih saat sahur agar tubuh tidak cepat mengalami dehidrasi saat berada dalam perjalanan.
    Jangan lupa bawa baju hangat saat berada di pesawat. Karena, saat tubuh dalam kondisi kedinginan juga lebih cepat dehidrasi karena selalu ingin pipis.
  11. Istirahat yang cukup dan olahraga

    Perjalanan mudik dengan pesawat memang lebih singkat, tapi bukan berarti tidak melelahkan. Saat menunggu dan saat dalam perjalanan dari dan menuju bandara juga perlu energi yang tidak sedikit. Jadi, baiknya istirahat yang cukup satu minggu sebelum mudik. Juga, lakukan olahraga ringan seperti jogging jelang berbuka atau yoga setelah tarawih. Tidak perlu zumba ya karena akan banyak menguras energi kamu.

  12. Percaya diri dan jangan terlihat kebingungan

    Terakhir dan yang tak kalah penting dari tips mudik naik pesawat adalah jangan terlihat seperti kebingungan di bandara atau terminal. Apalagi saat tiba di tujuan. Pastikan kamu percaya diri sehingga tidak mudah menjadi target kejahatan. Hindari bantuan dari orang lain apalagi tawaran air minum. Modus kejahatan sangat beragam. Pastikan juga tidak menggunakan perhiasan yang mencolok. Sesuaikan juga pakaian saat mudik dengan pesawat. Semoga mudiknya lancar ya.
Demikian beberapa Tips Naik Pesawat yang bisa tim review pesawat kumpulan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Pesan Tiket Pesawat untuk Mudik Lebaran

Garuda Indonesia – BNI Luncurkan Program #AyoLiburan

Rute Penerbangan Baru Lion Air Group 21 Juni 2017